Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 28 Desember 2013

Pola Perkaderan HMI : Pembentukan Kepribadian dan Kualitas Intelektual


Wasekum PSDA dan LH HMI Cabang Subang Periode 2013-2014

HMI adalah organisasi tertua yang berada di Negara Indonesia, karena HMI didirikan pada 05 febuari 1947 selang dua tahun setelah kemerdekaan Negara kita yaitu Negara Indonesia. Kalian pasti bertanya-tanya apa sih HMI itu dan kenapa HMI hingga saatini masih ada/bertahan?.

HMI kepanjangan dari Himpunan Mahasiswa Islam tapi HMI ini bukan hanya sekedar Himpunan Mahasiswa Islam tetapi HMI juga Harapan Masyarakat Indonesia karena Kader HMI yang dari dulu sampai dengan sekarang telah ikut berperan aktif diberbagai lapisan kehidupan masyarakat, serta memberi kontribusi yang sangat besar pengaruhnya terhadap pembagunan di negeri ini yang tidak bisa dilupakan begitu saja dalam sejarah perjalanan bangsa ini.HMI bisa bertahan hingga saat ini karena HMI merupakan salah satu organisasi yang rekrutmenya dengan cara pengkaderan yang mempunyai pola-pola tertentu. 

Perkaderan yaitu usaha organisasi yang dilaksanakan secara sadar dan sistematisselaras dengan pedoman perkaderan HMI, sehingga memungkinkan seorang anggota HMI mengaktualisasikan potensi dirinya menjadi seorang kader muslim,intelektual, Profesional, yang memiliki kualitas insan cita meliputi (insan akademis, pencipta, pengabdi, yang bernapaskan islam, bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur). 

Kader yaitu sekelompok orang yang terorganisir secara terus-menerus dan akan menjadi tulang punggung bagi kelompok yang lebih besar.

Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan karakter dengan cara, Latihan Kader terdiri dari: 
  1. Latihan Kader I (Basic Training), 
  2. Latihan Kader II (Intermediate Training), 
  3. Latihan Kader III (Advance Training).
Pengembangan terdiri dari : Up Grading, pelatihan dan aktifitas (aktifitas organisasional, aktifitas kelompok, aktifitas perorangan). 

Perkaderan di HMI diarahkan dalam rangka membentuk kader HMI muslim, intelektual, Profesional yang dalam aktualisasi perannya berusaha mentransformasikan nilai-nilai ke Islaman yang memiliki kekuatan pembebasan (liberation force) dan memiliki keberpihakan terhadap kaum tertindas (mustadh'afin). 

Aspek yang ditekankan dalam usaha pelaksanaan perkaderan ditujukan pada: Pembentukan integritas watak dan kepribadian - Pengembangan kualitas intelektual - Pengembangan kemampuan profesional Arah perkaderan sesuai pedoman yang dijadikan petunjuk atau penuntun yang menggambarkan arah yang harus dituju dalam keseluruhan proses pengembangan dan pelaksanaan bentuk-bentuk pembinaan anggota atau perkaderan HMI. 

Karena itulah HMI adalah salah satu organisasi yang telah banyak melahirkan para cendikiawan yang berfikir kearah perubahan ini dididik dari berbagai disiplin ilmu yang didapatkan dari perguruan tinggi yang merupakan almamaternya pertama, dan HMI sendiri sebagai almamaternya yang kedua tidak bisa melepaskan tanggung jawabnya begitu saja terhadap kemajuan umat hari ini.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 07.51 Kategori: